Rabu, 21 September 2011

STRUKTUR PENGURUS HMJP-M FPMIPA IKIP MATARAM TAHUN AJARAN 2011/2012

Pembina organisasi   : Drs. I Ketut Sukarma, M.Pd.
Ketua                       : Ardyansyah
Sekretaris                 : Bahtra Diguna
Bendahara                : Zuriatun Solihah

Bidang Pemberdayaan internal
Co : Safda
Sekretaris : Sulianto
Sukraidin
Rian Aswanto
Sahrul Qamar
Ayu Ratna
Virawati
Sofia Rawiana
Zurriatun Toyibah
Jumita

BIDANG LITBANG
Co : M. Jamiludin
Sekretaris : Ardiansyah
Sulaiman
Benyamin
Toni Susanto
Farlia Suniansyah
Endang Asmaya
Nining Fauziah
Sunarti
Niswan Annisa

BIDANG HUMAS
Co :  Agus Setiawan
Sekretaris : Samsul Bahri
Arif Rahman
Samsul Bahri
Mauli Hijrawati
M.Khusnan
Bq. Raudatul Jannah
Mufratun
Bq. Aulia Purwanti
Novita Hariani

BIDANG MINAT DAN BAKAT
Co : Multazam
Sekretaris : M. Fitrah
Aminullah
Yas Arman Prayatna
Sutrisno Hariadi
Ikhwanuddin
Hendri Syarif
Dwi Ratnasari YS
Rika Mulyaniar
Yulia Purnamasari

BIDANG ADVOKASI
Co : Agus Herwandi
Sekretaris : Jainul Arifin
Rikianto
Jaharuddin
Heldy Ramadhan Putra
Adi Irawan
Heri Susanto
NInig Faujiah
Wiwik Purwati
Rina Andriani

BIDANG KEROHANIAN
Co : Budiman Ali Akbar
Sekretaris : Karyadi
Toni Julia Arisandi
Ahmad Yani
M.Ali
Agus Sahrial Amin
Rina Andriyani
Asra
Mardiana
Fenny Aryani

VISI MISI HMJ-P MATEMATIKA 2011-2011

VISI
Terwujudnya Mahasiswa Pendidikan Matematika Yang Bekualitas,Intelek,dan Berdaya saing

MISI
  1. Bertanggung Jawab, Profesional, Dan Berakhlak Mulia
  2. Mengaktualisasikan kinerja fungsionaris HMJ Matematika yang sesuai dengan fungsi dan tugasnya  sebagai lembaga eksekutif di tingkat jurusan
  3. Menjalin hubungan kerjasama antar lembaga,baik di tingkat Fakultas,Institut maupun Regional
  4. Menciptakan Kegiatan Yang Kreatif Dan Menyenangkan
  5. Mewadahi aspirasi mahasiswa Pend. Matematika
  6. Menanamkan Jiwa Peduli Terhadap Masyarakat

PROKER HMJP-MATEAMTIAKA FPMIPA IKIP MATARAM

Oleh Ardy Ahmad · Terakhir disunting sekitar seminggu yang lalu

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MATARAM
Jln Pemuda No 59 A IKIP Mataram Telepon/Fax 0370 - 632082


HASIL RAPAT KERJA HMJP-MATEMATIKA
                                          Hari , tanggal : Minggu 14 Agustus 2011
                                          Tempat           : GC.LT1 IKIP Mataram
                                          Waktu             : 14.00 Wita
PROKER HMJP-MATEMATIKA 2011-2012 :
Bidang Pemberdayaan internal
  1. Training Dasar kepemimpinan.
  2. Latihan Manajemen.
  3. Pengadaan Baju
  4. Evaluasi pengurus
  5. Rihlah
Bidang LITBANG
  1. Kuliah Umum
  2. Seminar Pendidikan
  3. DIKLAT
  4. Workshop.
Bidang HUMAS
  1. Sambut MABA
  2. BAKSOS
  3. Pengelolaan Blog dan Facebook.
  4. Mading dan Buletin
  5. Silaturrahim
Bidang Minat dan Bakat
  1. Training Mengajar
  2. Study Club Mhatic
  3. Bimbel IPTEK
  4. Tutorial Bhs.Inggris
  5. Olimpiade Prsentasi Kalkulus
  6. Kajur Cup.
Bidang Advokasi
  1. Pengadaan Kotak Saran.
  2. Diskusi Rutin
  3. Diskusi bersama Birokarasi FPMIPA
Bidang Kerohania
  1. Bedah Buku Islami
  2. Kajian Islami
  3.  Seminar ESQ
  4. Zikir Akhir Tahun

PROKER SEKRETARIS UMUM :
  1. Pengadaan Sekret.
  2. Pengadaan Komputer dan Printer
  3. Daftar Hadir Rapat Pengurus
  4. Pengadaan Papan Info
  5. Pengadaan Bendera.
Salam HMJP- Matematika : “Berani Berkarya”

Tentang Matematika

>> 31 Juli 2008

Bayangkan bagaimana dunia ini seandainya tidak ada matematika? Mungkin kita tidak akan pernah menonton TV, bermain game di komputer atau di game net, mengobrol lewat telpon atau sekedar sms-an menggunakan Hand Phone kita. Bayangkan apa yang akan terjadi jika orang tidak mengenal bilangan dan tidak bisa berhitung secara sederhana. Bayangkan betapa kacaunya kalau kita tidak bisa memahami ruang dimana kita berada, tidak bisa memahami harga barang di mall atau di supermarket.
Dari sini saja mestinya kita sudah tahu kalau matematika itu memang penting. Sudah tidak disangsikan lagi, matematika memegang peranan yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Banyak yang telah disumbangkan matematika bagi perkembangan perababan manusia. Kemajuan sains dan teknologi yang begitu pesat dewasa ini tidak lepas dari peranan matematika. Boleh dikatakan landasan utama sains dan teknologi adalah matematika.


Namun demikian, kita juga tidak dapat mengingkari kenyataan bahwa sampai sekarang masih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Bahkan tidak jarang matematika dianggap ‘momok’ atau hantu yang menakutkan, yang sebisa mungkin dihindari. Ketika mendengar kata matematika serta merta yang muncul di pikiran adalah identik dengan kata ‘sulit’.

Apa itu sebenarnya matematika?
Kata "matematika" berasal dari kata μάθημα(máthema) dalam bahasa Yunani yang diartikan sebagai "sains, ilmu pengetahuan, atau belajar", juga μαθηματικός (mathematikós) yang diartikan sebagai "suka belajar". Nah, jika menilik artinya secara harafiah, sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak suka atau takut dengan matematika. Karena kalau kita tidak suka matematika itu berarti kita tidak suka belajar! Kalau kita selama ini masih menganggap matematika itu sulit, mungkin sebenarnya kita belum mengenal apa itu matematika.
Untuk mengenal matematika lebih dekat, lebih dulu kita mesti mengetahui ciri-ciri atau mengenali sifat-sifatnya. Matematika itu memiliki beberapa ciri-ciri penting. Pertama, memiliki obyek yang abstrak. Berbeda dengan ilmu pengetahuan lain, matematika merupakan cabang ilmu yang spesifik. Matematika tidak mempelajari obyek-obyek yang secara langsung dapat ditangkap oleh indera manusia. Substansi matematika adalah benda-benda pikir yang bersifat abstrak. Walaupun pada awalnya matematika lahir dari hasil pengamatan empiris terhadap benda-benda konkret (geometri), namun dalam perkembangannya matematika lebih memasuki dunianya yang abstrak. Obyek matematika adalah fakta, konsep, operasi dan prinsip yang kesemuannya itu berperan dalam membentuk proses berpikir matematis, dengan salah satu cirinya adalah adanya alur penalaran yang logis.
Dan ciri yang kedua, memiliki pola pikir deduktif dan konsisten. Matematika dikembangkan melalui deduksi dari seperangkat anggapan-anggapan yang tidak dipersoalkan lagi nilai kebenarannya dan dianggap saja benar. Dalam matematika, anggapan-anggapan yang dianggap benar itu dikenal dengan sebutan aksioma. Sekumpulan aksioma ini dapat digunakan untuk menyimpulkan kebenaran suatu pernyataan lain, dan pernyataan ini disebut teorema. Dari aksioma dan teorema atau dari teorema dan teorema kemudian dapat diturunkan teorema lain. Akhirnya matematika merupakan kumpulan butir-butir pengetahuan benar yang hanya terdiri atas dua jenis kebenaran, yaitu aksioma dan teorema. Selebihnya, kalaulah ada pengetahuan yang tampaknya benar, namun belum dapat dibuktikan, maka butir pengetahuan itu belum dianggap kebenaran dan hanya berupa suatu "takhayul" yang masih perlu dibuktikan. (Andi Hakim Nasution, 2001). Dengan kata lain, kebenaran konsistensi matematika adalah kebenaran dari suatu pernyataan tertentu yang didasarkan pada kebenaran-kebenaran pernyataan terdahulu yang telah diterima sebelumnya. Sehingga satu sama lain tidak mengalami pertentangan.
Disiplin utama dalam matematika awalnya didasarkan pada kebutuhan perhitungan dalam perdagangan, pengukuran tanah dan memprediksi peristiwa dalam astronomi. Ketiga kebutuhan ini secara umum berkaitan dengan ketiga pembagian umum bidang matematika, yaitu studi tentang struktur, ruang dan perubahan.
Studi tentang struktur dimulai dengan bilangan, seperti tentang bilangan asli dan bilangan bulat serta operasi arimetikanya, yang semuanya itu dijabarkan dalam aljabar dasar. Sedangkan teori bilangan, aljabar linier, aljabar abstrak, struktur aljabar merupakan bagian lanjut dari studi tentang struktur ini, yang akan dijumpai ketika seseorang studi lebih mendalam tentang matematika di perguruan tinggi.
Sedangkan ilmu tentang ruang berawal dari geometri, yaitu geometri Euclid dan trigonometri dari ruang tiga dimensi (yang juga dapat diterapkan ke dimensi lainnya), kemudian belakangan juga digeneralisasi ke geometri Non-euclid yang memegang peran sentral, salah satunya dalam teori relativitas umum.
Sementara kalkulus merupakan satu contoh bagian dari matematika yang digunakan untuk memahami dan mendiskripsikan perubahan pada kuantitas yang dapat dihitung. Konsep utama yang digunakan untuk menjelaskan perubahan variabel adalah fungsi. Banyak permasalahan yang berujung secara alamiah pada hubungan antara kuantitas dan laju perubahannya, dan metode untuk memecahkan masalah ini adalah topik bahasan dari persamaan differensial. Dan tentu masih banyak lagi yang lain seperti analisis real, analisis kompleks, maupun analisis fungsional yang belum akan dipelajari di bangku SMA.
Untuk menjelaskan dan menyelidiki dasar matematika, dikembangkan bidang teori pasti, logika matematika dan teori model. Saat pertama kali komputer disusun, beberapa konsep teori yang penting dibentuk oleh matematikawan dan telah memicu munculnya bidang teori komputabilitas, teori kompleksitas komputasional, teori informasi dan teori informasi algoritma. Nama umum untuk bidang-bidang penggunaan matematika dalam ilmu komputer ini adalah matematika diskret. Bidang-bidang penting dalam matematika terapan antara lain adalah statistik, yang menggunakan teori probabilitas sebagai alat untuk memberikan deskripsi, analisis dan perkiraan fenomena dan digunakan dalam hampir seluruh ilmu pengetahuan.

Untuk apa belajar matematika di sekolah?
Mungkin bagi kita cabang-cabang matematika yang disebutkan di atas masih terasa begitu asing. Soalnya itu memang merupakan bagian-bagian matematika yang tergolong tingkat tinggi dan hanya dipelajari ketika seseorang studi di jurusan matematika di perguruan tinggi. Tapi sekedar untuk memberi gambaran tentang lingkup matematika kiranya tidak ada salahnya. Kita menjadi lebih tahu, kalau sebenarnya matematika yang dipelajari di sekolah baik sekolah dasar maupun sekolah menengah boleh dikata belum seberapa, masih tergolong matematika yang levelnya rendah, seperti aljabar, trigonometri, aritmatika.
Secara umum tujuan diberikannya matematika di sekolah adalah untuk membantu siswa mempersiapkan diri agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, dan kritis. Serta mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Tujuan pendidikan matematika di sekolah lebih ditekankan pada penataan nalar, dasar dan pembentukan sikap, serta ketrampilan dalam penerapan matematika.

0 komentar:

  © Blogger template Sunset by Ourblogtemplates.com 2008
Back to TOP